header-int

Fakultas Dakwah UIN Khas Jember Menggelar Workshop Pertama Setelah Pandemi

Senin, 27 Des 2021, 20:24:10 WIB - 269 View
Share
Fakultas Dakwah UIN Khas Jember Menggelar Workshop Pertama Setelah Pandemi

 

Dilansir dari deepublish, workshop adalah diskusi atau kerja praktek mengenai subjek tertentu. Ada pula yang menyebut workshop sebagai pelatihan. Kegiatan workshop ini adalah yang pertama diselenggarakan oleh fakultas dakwah sejak pandemi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) mewabah di Indonesia. Namun, acara tetap berlangsung dengan memperhatikan Prokes (Protokol Kesehatan) sesuai dengan Surat Edaran Pemerintah Nomor 19 Tahun 2021. Workshop dengan tema pengelolaan website organisasi kemahasiswaan dan penulisan berita berbasis online berlangsung di Aula lama Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember. Acara berlangsung dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB, Selasa (30/11/21).

            Workshop tersebut di isi oleh tiga pemateri yang masing-masingnya menjelaskan hal berbeda. Pemateri pertama ialah Mahbub Junaidi, salah satu tim tempo yang menjelaskan terkait teknik menulis berita berbasis on-line dan praktik menulis berita on-line. Materi yang kedua tentang teknik membuat konten kreasi berbasis media sosial yang dipaparkan oleh Imron Fahim. Untuk materi yang terakhir dijelaskan oleh Nasiruddin Al Ahsani, terkait teknik pengelolaan website organisasi kemahasiswaan Fakultas Dakwah dan Rencana Tindak Lanjut (RTL). Setiap audiens diberi kesempatan sesi tanya jawab di setiap materi, sehingga workshop berlangsung tidak monoton.

            Pemateri pertama berujar, “memberi yang belum tahu, tapi tidak menggurui yang sudah tahu. Hal ini merupakan salah satu asas jurnalis yang harus dipegang teguh.” Hal tersebut dijelaskan ketika Mahbub Junaidi menjelaskan terkait tugas jurnalistik yaitu menceritakan fakta yang dapat diterima oleh semua kalangan. “Workshop kali ini diharapkan bisa mewujudkan Rencana Tindak Lanjut (RTL). Setelah acara ini kami berharap para delegasi mampu mengelola dan mengembangkan website masing-masing untuk kemajuan UIN Khas Jember,” pesan Wadek II (Wakil Dekan) pada pidatonya di akhir acara.

            Tidak hanya memaparkan dan menjelaskan materi yang menarik, pihak panitia menyediakan door prize untuk para audiens terpilih. Delegasi dari manajemen dakwah mendapat door prize di akhir acara. Workshop yang diikuti mahasiswa delegasi prodi fakultas dakwah dan delegasi dari Kemenag (Kementerian Agama) kelas jurnalistik 1 & 2 yang diselenggarakan oleh UIN Khas Jember berjalan dengan tertib dan lancar. – Iin Sundosia (Mahasiswi MD’20)

 

Unidha Universitas Negeri Islam (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, UIN KHAS Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2023 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube